Selasa, 26 Februari 2008

Bisnis plan

1. Nama Perusahaan

Perusahaan ini diberi nama DALLAS FOOTBALL CORNER. Pemberian nama ini dikarenakan perusahaan DALLAS FOOTBALL CORNER merupakan perusahaan yang mendedikasikan dirinya untuk menjual produk-produk sepak bola. Pemberian nama DALLAS FOOTBALL CORNER ini juga ditujukan agar para penggemar sepak bola dapat menemukan suatu tempat yang mampu memenuhi keinginan dan kebutuhannya dan menyediakan segala macam barang-barang olahraga yang mereka butuhkan.

2. Slogan

“CALM DOWN, TAKE IT EASY..”

Alasan kami memilih slogan ini adalah selain kalimatnya mudah diingat, slogan ini juga menunjukan kepada konsumen bahwa DALLAS FOOTBALL CORNER merupakan tempat yang paling pas untuk para penggemar sepak bola. Selain itu, DALLAS FOOTBALL CORNER memberikan kepuasan kepada konsumen dan kemudahan dalam merogoh koceknya karena dilengkapi dengan sistem pembayaran yang mudah, hemat dan cepat dengan menjadi anggota atau member DALLAS FOOTBALL CORNER.

Oval: DALLAS FC  3. Logo

Arti dari logo itu sendiri yaitu garis melingkar tiga melambangkan hubungan kerja yang dinamis dari DALLAS FOOTBALL CORNER dalam mempersiapkan diri dalam membangun industri sepak. Warna merah dipilih karena merah mengganbarkan keberanian yang dimiliki oleh ketiga pemilik perusahaan yang baru pertama kali menggeluti dunia bisnis. Sedangkan warna hitam bisa dilambangkan sebagai kesan ekslusif yang selalu di upayakan oleh perusahaan kepada setiap konsumen atau pun pelanggan jika membeli produk-produk buatan. DALLAS FOOTBALL CORNER Sedangkan pada gambar animasi menunjukkan kekuatan yang terkesan extreme agar memperlihatkan kepada konsumen bahwa DALLAS FOOTBALL CORNER siap menyediakan setiap kebutuhan dan kepuasan konsumen.

4. Alamat

DALLAS FOOTBALL CORNER berlokasi di Jalan Dago No.20, telepon 022-70066007. Lokasi ini dipilih karena jalan Dago merupakan wilayah yang strategis dan tempat yang sudah dikenal. Karena jalannya merupakan jalur transportasi umum yang dilalui banyak kendaraan seperti angkutan kota, bis kota maupun kendaraan pribadi. Selain itu jalan Dago merupakan daerah yang banyak di kunjungi para pengunjung dari luar kota karena merupakan salah satu tempat pusat dari Factoury Outlate atau yang lebih dikenal dengan FO.

Alamat situs kami adalah www.dallas-football-lovers.com yang akan ada bersamaan dengan open house DALLAS FOOTBALL CORNER kelak. Adapun alamat e-mail yang bisa dihubungi yakni dallas_football_lovers@yahoo.com

5. Pendirian

DALLAS FOOTBAL CORNER didirikan pada hari Minggu tanggal 20 Januari 2008.

6. Status Badan Usaha

Status badan usaha DALLAS FOOTBALL CORNER berbentuk perusahaan kemitraan atau partnership yakni general partnership atau kemitraan umum. Perusahaan ini didirikan oleh tiga orang mitra bisnis. Nantinya, ketiga mitra tersebut memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas dan job desk yang berbeda dalam pengelolaan perusahaan.

7. Bidang Usaha

DALLAS FOOTBALL CORNER bergerak di bidang perdagangan dan pembuatan produk-produk yang berhubungan dengan sepak bola baik import maupun lokal.

8. Kegiatan Usaha

Kegiatan yang dilakukan perusahaan ini adalah menjual dan memproduksi pakaian alat-alat dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam sepak bola serta menjual produk-produk merchandise yang berhubungan dengan olahraga sepak bola.

9. Pemilik

DALLAS FOOTBALL CORNER ini dimiliki oleh tiga orang yaitu, Januar, Defta dan Surya Putra

10. Jumlah Investasi

Modal awal yang digunakan Rp.600.000.000

11. Tenaga Kerja

Tenaga kerja yang digunakan berjumlah empat belas orang. Yaitu terdiri dari dua cleaning service, tiga pramuniaga wanita, tiga pramuniaga laki-laki, satu kasir wanita, satu kasir laki-laki, dan empat orang satpam. Selain itu, para pemiliknya pun ikut terjun langsung dalam mengawasi jalannya perusahaan sehari-hari. Pemilik disini mempunyai tanggung jawab yang sama besar namun berbeda bidang garapannya. Januar bertanggung jawab atas managemen keuangan, Defta bertanggung jawab atas managemen produksi sedangkan Surya bertanggung jawab atas managemen pemasaran.

Dalam bisnis ini perusahaan juga bekerja sama dengan pihak lain yang membantu dalam memproduksi produk khususnya dalam pembuatan merchandise. Karena perusahaan bekerja sama dengan pihak lain maka terdapat biaya tambahan yaitu biaya produksi.

BAB II

PENDAHULUAN

Latar belakang DALLAS FOOTBALL CORNER

Perusahaan DALLAS FOOTBALL CORNER ini dibangun oleh tiga orang sahabat sekaligus mitra bisnis yang baru terjun dalam dunia bisnis. Ketiga orang tersebut adalah:

1. Resi Koclak

2. Budiman

3. Azwar

Perusahaan ini didirikan pada hari Minggu, 20 Januari 2008. Awal terbentuknya ide untuk membuat perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan produk-produk sepak bola ini muncul ketika mereka merasa kesulitan mencari produk-produk yang berhubungan dengan sepak bola yang memuaskan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Kemudian mereka bertukar pikiran tentang masalah masih kurangnya tempat penjualan produk sepak bola yang dapat memuaskan konsumen dan pelanggan baik dari segi variasi barang, kualitas, pelayanan, maupun harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Oleh karena itu, timbul ide dari ketiganya untuk membuat sebuah perusahaan baru yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan untuk pribadi dan konsumen atau pun pelanggan.

Selai itu, pendirian DALLAS FOOTBALL CORNER ini memiliki timing yang tepat. Mereka dapat membaca peluang pasar khususnya kota Bandung yang masyarakatnya gemar dan antusia dalam sepak bola. Seperti kecintaan warga Bandung terhadap klub Sepak Bola kebanggaannya yaitu PERSIB Bandung. Pendirian DALLAS FOOTBALL CORNER ini juga ditunjukan untuk mencari keuntungan dari penyelenggaraan EURO FOOTBALL 2008 yang akan digelar pada akhir bulan Mei, dan beberapa event lain yang bisa dilakukan setiap setahun sekali seperti, SEA GAMES, Tiger Cup, Liga Indonesia dan Copa Indonesia. Karena event-event olahraga setiap tahun selalu ada baik itu yang musiman maupun yang tahunan. Sehingga dengan adanya event-event menarik seperti yang telah disebutkan diatas, diharapkan perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang besar dari antusiasme masyarakat terhadap event sepak bola yang digelar setiap tahunnya.

BAB III

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

DALLAS FOOTBALL CORNER

Vision ”Visi” dari DALLAS FOOTBALL CORNER

“Menjadi kepala dan pemimpin perusahaan penjualan merchandise sepak bola dalam dan luar negeri.“

Mision”Misi” dari DALLAS FOOTBALL CORNER

1. Memberikan layanan "Time’s running out" dengan pemesanan yang tercepat dan fleksibel.

2. Membangun perusahaan yang tangguh dan peka terhadap keinginan pasar.

3. Siap bersaing secara sehat dengan perusahaan lain yang sejenis.

4. Menjangkau pasar konsumen sepak bola luar negeri.

Penjelasan Visi dan Misi

§ Menjadi satu-satunya perusahaan terbesar dan termaju dimana sasaran yang ingin dicapai akan terus bergerak seiring perkembangan bisnis yang ada. Sehingga DALLAS FOOTBALL CORNER nantinya diharapkan menjadi perusahaan yang terus-menerus maju, berkembang dan tak tertandingi.

§ Menghasilkan dan menjual produk-produk barang yang bervariatif, menarik dan berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau. DALLAS FOOTBALL CORNER akan menghasilkan dan menjual produk-produknya lebih baik dari perusahaan lain yang sejenis. Barang-barang DALLAS FOOTBALL CORNER akan lebih bervariatif, menarik dan berkualitas dengan tawaran harga yang relatif terjangkau oleh semua kalangan. Akan terus berusaha sekuat tenaga untuk menarik minat konsumen maupun pelanggan yang nantinya akan membeli produk-produk DALLAS FOOTBALL CORNER yang bermutu tinggi dengan harga yang relatif terjangkau. Meskipun DALLAS FOOTBALL CORNER akan menjual dan menghasilkan barang dengan harga relatif dan dapat dijangkau oleh semua kalangan disini DALLAS FOOTBALL CORNER tetap akan memberikan kesan eksklusive bagi konsumen dan pelanggan yang membeli produk-produk dari DALLAS FOOTBALL CORNER dengan harga dari yang termurah dan termahal.

Goals “Tujuan”dari DALLAS FOOTBALL CORNER

1. Meraih banyak keuntungan.

2. Menjadi penguasa pangsa pasar di dalam dan luar negeri

3. Membangun organisasi perusahaan yang solid dan kooperatif dalam menghadapi persaingan bisnis.

Objectives “Objek” dari DALLAS FOOTBALL CORNER

1. Menghasilkan dan menjual produk-produk barang yang sangat menarik dan berkualitas dengan harga yang relative terjangkau.

2. Memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan pelanggan dan konsumen.

3. Mengadakan promosi yang evektif seperti kunjungan ke kampus-kampus, iklan di media elektronik seperti radio, tv, dan internet, spanduk, pamflet dan leaflet.

4. Kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk-produk sepak bola.

5. Mengadakan survey lapangan secara berkala (per tiga bulan) untuk mengetahui selera pasar, kekuatan pesaing, dan image DALLAS FOOTBALL CORNER di mata konsumen maupun pelanggan.

6. Memberikan balas jasa yang setimpal kepada para pegawai agar tetap loyal pada perusahaan, solid, kooperatif satu sama lain, dan mampu terus membawa perusahaan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Plans “Rencana” dari DALLAS FOOTBALL CORNER

Taktik-taktik yang spesifik DALLAS FOOTBALL CORNER Mengadakan promosi yang gencar di sekitar lingkungan tempat berdirinya DALLAS FOOTBALL CORNER terlebih dahulu kemudian ke lingkungan yang lebih luas misalnya dengan menyebarkan pamflet, leafhlet dan memasang spanduk.

1. Memberikan diskon promo bagi 100 pengunjung pertama yang membeli produk yang dijual di SPORT SIDE STATION pada hari pembukaan yang pertama. Dan diskon pada akhir bulan Mei karena bertepatan dengan Piala Eropa

2. Melayani pengunjung dengan baik, ramah dan profesional.

5 Langkah Perilaku untuk Memenangkan Persaingan, yang dilakukan DALLAS FOOTBALL CORNER

o Stretch The Goals = PerluasanTujuan

o Simplify = Kesederhanaan

o Involve Everyone = Melibatkan Semua Orang

o Quality is My Job = Kualitas merupakan suatu Tugas kewajiban

o Reward the Winners = Hadiah untuk sang Pemenang

APA YANG KAMI TAWARKAN

· Garansi yang diakibatkan oleh kesalahan perusahaan

· Kontrol Kualitas Produk

· Memberikan Total Kepuasan Pelanggan

· Dukungan pelayanan dan peralatan yang berkualitas

· Beraneka ragam produk

· Kecepatan pemesanan

Tanggung Jawab dalam Perusahaan DALLAS FOOTBALL CORNER

Karena DALLAS FOOTBALL CORNER bentuknya general partnership maka tanggung jawab dipegang oleh ketiga pemillik yang sekaligus pengelola dan sifatnya tak terbatas. Tetapi di perusahaan ini dalam pembagian job description nya setiap pemiliki memiliki tanggung jawab yang berbeda. Januar bertanggung jawab atas managemen keunagan, Defta bertanggung jawab atas managemen produksi sedangkan Surya bertanggung jawab atas managemen pemasaran.

Alokasi Pegawai dan Sumber Dana DALLAS FOOTBALL CORNER

Alokasi sumber dana yang disediakan oleh pemilik DALLAS FOOTBALL CORNER yakni sebesar Rp.600.000.000 dan pinjaman dari Bank BNI’46 sebesar Rp.100.000.000. Kesemuanya itu mencakup sewa tempat usaha, pengadaan produk-produk, alat sablon, alat jahit, promosi, persediaan untuk gaji pegawai selama lima bulan pertama, dan segala pengeluaran awal seperti pembayaran situs website, telepon, listrik, air dll. Sisa dana yang belum terpakai akan disimpan di bank milik negara “Bank Nasional Indonesia” (BNI’46) yang ditunjuk bersama oleh para pemilik.

Penempatan pegawai akan disesuaikan dengan potensi, keahlian, dan profesionalitas pegawai. Karena hal tersebut sangat diperlukan agar kinerja pegawai akan lebih fokus dan lebih baik. Sehingga perusahaan mampu berkembang dengan pesat dan cepat. DALLAS FOOTBALL CORNER memiliki dua cleaning service, tiga pramuniaga wanita, tiga pramuniaga laki-laki, satu kasir wanita, satu kasir laki-laki, dan empat orang satpam yang juga dibagi menjadi dua shift yang bertugas secara bergantian. Pembagian shiftnya dilakukan seperti shift satu pagi hingga sore dan shift dua sore hingga malam, terkecuali untuk satpam shift satu dilakukan mulai dari pagi hingga malam dan shift dua malam hingga pagi. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan perusahaan.

Untuk satu shift terdiri dari tujuh orang yaitu: dua orang satpam, satu orang claning service, satu orang kasir, tiga orang pramuniaga. Dengan ketentuan perbandinagn antar pegawai wanita dan laki-laki yang sebanding keculai satpam. Contohnya pada shift satu pegawai yang bekerja terdiri dari tujuh orang yaitu, dua orang satpam, satu orang kasir wanita, satu orang cleaning service, satu orang pramuniaga wanita dan dua orang pramuniaga laki-laki. Dan untuk shift dua pegawai yang bekerja terdiri dari tujuh orang yaitu, dua orang satpam, satu orang kasir laki-laki, satu orang cleaning service, satu orang pramuniaga laki-laki dan dua orang pramuniaga wanita.

Jadwal Aktivitas DALLAS FOOTBALL CORNER

DALLAS FOOTBALL CORNER akan buka lebih awal dan tutup lebih larut dibandingkan perusahaan sejenis yang lain.

Berikut ini jadwal aktifitas DALLAS FOOTBALL CORNER:

Pukul

Kegiatan

07.00

Shift satu terdiri dari tujuh orang pegawai yang sudah terlebih dahulu yaitu dua orang satpam yang siap menjaga dan mengamankan toko, satu pegawai bagian cleaning service membersihkan toko, dan empat pramuniaga yang merapikan dan mempersiapkan toko.

08.00

Empat pramuniaga yang salah satunya adalah kasir bersiap-siap membuka took. Para pemilik yang sekaligus manager pengelola took juga tiba.

08.30

Toko dibuka dan aktivitas berjalan

12.30-13.30

Istirahat Shalat dan Makan siang

15.00

Pergantian shift yaitu shift dua menggantikan shift satu

22.00

Toko ditutup

Target Spesifik DALLAS FOOTBALL CORNER

1. Dalam satu bulan pertama, DALLAS FOOTBALL CORNER setidaknya harus mendapatkan keuntungan bersih mencapai lebih dari Rp. 35.000.000

2. Arus pengunjung DALLAS FOOTBALL CORNER harus mencapai lebih dari 150 orang pengunjung yang datang per harinya.

3. DALLAS FOOTBALL CORNER harus lebih terkenal dimata masyarakat Bandung . Dan seterusnya menjangkau pasar luar negeri

Analisis SWOT

v Strength “kekuatan”

DALLAS FOOTBALL CORNER memiliki kekuatan yang datang dari lingkungan internal maupun eksternal, diantaranya :

§ DALLAS FOOTBALL CORNER memiliki tempat yang sangat strategis yaitu berada di kawasan sekitar pusat FO atau Factoury Outlate dan merupakan daerah yang sering menjadi tujuan utama dari para pengunjung dari luar kota.

§ Pegawai yang profesional, cekatan dan ramah.

§ Produk-produk import maupun lokal yang unggulan dan jumlahnya yang terbatas sehingga tidak pasaran dan karena hal itu lah yang menyebabkan DALLAS FOOTBALL CORNER berkesan ekskusif.

§ Managemen yang solid dan kinerja tim yang biak.

§ Suasana yang kekeluargaan dalam lingkungan kerja tetapi tetap dengan batas-batas professional.

§ Teknologi dalam pemesanan dan pembayaran

v Weaknesses “kelemahan”

Adapun kelemahan yang dimiliki oleh SPORT SIDE STATION yakni:

§ Para pelaku bisnis dalam perusahaan ini masih debutan, sehingga masih kurang banyak pengalaman yang dimiliki.

§ Pelaku bisnis disini adalah tiga orang sahabat, maka dalam menjalankan perusahaan masalah pribadi diusahakan tidak tercampur dengan masalah perusahaan.

§ DALLAS FOOTBALL CORNER akan mengalami kesulitan apabila keputusan yang diambil diputuskan oleh tiga orang. Selain memakan waktu dan tenaga, tentu pembagian tanggung jawab yang tidak jelas akan membuat kesulitan pada kelangsungan perusahaan nantinya.

v Opportunities “Peluang”

Peluang yang dimiliki DALLAS FOOTBALL CORNER sebagai toko sepakbola sangat besar untuk maju. Karena keberadaan toko sepakbola di Bandung khususnya, masih belum banyak dan belum maksimal dalam memuaskan kebutuhan konsumen maupun pelanggan. Selain itu bila dilihat dari segi lokasi DALLAS FOOTBALL CORNER memiliki peluang dagang yang cukup besar. Karena lokasinya yang strategis dan berada di kawasan pusat FO atau Factoury Outlate dan merupakan daerah yang sering menjadi tujuan utama dari para pengunjung dari luar kota.

v Treatment “ancaman”

Ancaman bagi suatu perusahaan pasti ada. Bukan hanya iklim politik dan keamanan tempat perusahaan tersebut berdiri tetapi juga dari pesaing. Oleh karenanya DALLAS FOOTBALL CORNER tentu akan menghadapi treatment seperti :

· Persaingan ketat dari perusahaan lain yang sejenis.

· Keamanan lingkunagan perusahaan.

· Keluhan-keluhan dari beberapa pelanggan dan konsumen yang nantinya ini akan membuat image DALLAS FOOTBALL CORNER di mata pelanggan dan konsumen lain menjadi buruk.

BAB IV

PENGORGANISASIAN DAN PENGELOLAAN PERUSAHAAN BISNIS DAN MANAGEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

DALLAS FOOTBALL CORNER dipimpin oleh tiga orang pimpinan sekaligus. Ketiganya memiliki wewenang dan tanggung jawab yang berbeda tetapi setara untuk menentukan kelangsunggan perusahaan. Dalam melakukan tugas, mereka bekerja sama dan mengadakan konsolidasi maupun koordinasi melalui pembicaraan terlebih dahulu satu sama lain. Adapun pembicaraan mengenai pendelegasian wewenang baik misalnya dalam pembelanjaan barang, penerimaan pegawai maupun pengelolaan keuangan perusahaan, semuanya itu telah diatur sedemikian rupa. Ketiga pemilik mengadakan rapat koordinasi secara berkala setiap akhir pekan, guna mengevaluasi kinerja perusahaan agar lebih baik lagi. Dan selain mengadakan rapat koordinasi yang dilakukan pemilik perusahaan, diusahakan setiap satu bulan sekali pemilik mengadakan rapat yang mengikut sertakan pegawai agar meningkatkan rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki perusahaan.

Pimpinan perusahaan yang sekaligus pemilik, dijabat oleh tiga orang sekaligus yang kedudukannya sederajat tetapi tanggung jawab dan wewenang yang diemban berbeda-beda. Di bawahnya terdapat karyawan yang dipimpin langsung oleh mereka. Dalam melakukan seleksi calon pegawai, mereka mempertimbangkan status kependidikan pegawai, keahlian, penampilan yang proporsional. Setelah mendapatkan pegawai denga nkriteria yang sesuai, mereka melakukan traning kepada para pegawai agar mampu bekerja dengan baik di perusahaan. Sehingga nantinya diharapkan mampu melayani konsumen maupun pelanggan dengan baik. Karena image yang baik dari sebuah perusahaan dagang seperti DALLAS FOOTBALL CORNER selain datang dari kualitas produk maupun tempat, juga datang dari pelayanan yang ramah memuaskan yang diberikan pegawai terhadap konsumen dan pelanggan.

BAB V

PENGELOLAAN MANAGEMAN PRODUKSI MANAGEMAN KEUANAGAN DAN MANAGEMAN PEMASARAN

Dalam mengelaola perusahaan DALLAS FOOTBALL CORNER, ketiga pemillik yang juga sekaligus pemegang wewenang sebagai manager bersama, dapat membagi tugas satu sama lain sesui dengan kesepakatan yang telah dilakukan. Dengan tidak mengabaikan campur tanagan yang bisa saja datang nantinya dari manager lain. Oleh karena itu, komunikasi dan koordinasi yang tepat harus terus-menerus mereka jalin dengan baik karena sangatlah penting. Agar jalannya perusahaan semakin solid dan berkembang lebih baik.

1. Pengelolaan Managemen Produksi

Produksi seperti yang diketahui, merupakan proses menghasilkan barang dan jasa. Pengertian yang lain adalah menambah nilai guna suatu barang. Dalam pengelolaan produksi dari barang-barang DALLAS FOOTBALL CORNER, bidang ini dikelola dengan cara bekerjasama dengan pihak lain. Mulai dari ide perancangan suatu barang dan cara pembuatannya, dikelola oleh pihak lain. Sedangkan mengenai jumlah barang yang akan di produksi ditentukan oleh pemilik. Hal ini akan memungkinkan kreatifitas yang tidak akan stagnan menginagt kreatifits dan ide brilian muncul dari tiga otak yang berbeda dan sekelompok tim yang sudah teruji. Selain itu perusahaan bekerja sama dengan pihak lain yang bisa disebut sebagai tim kreatif dan produksi yang memberikan ide-idenya dan hasil produksi yang baik untuk konsumen dan pelanggan yang datang ke DALLAS FOOTBALL CORNER. Sehingga akan berkembang dengan keunggulan penciptaan ide suatu barang dan kualitas yang jauh lebih baik dari perusahaan lain yang sejenis. Selain itu, dalam segi tanggung jawab dipegang oleh Aditya dan dibantu oleh pemilik lain perusahaan tersebut.

Beberapa produk yang akan dihadirkan dalam usahanya diantaranya :

· Pernak-pernik menarik yang berhubungan dengan olahraga seperti:

o Topi

o Handuk

o Gantungan Kunci

o Sapu tangan

o Tas

o Decker

o Pin

o Dompet

o Scraft

o Mug

o Jam

o Maianan

o Replika cartoon pemain

o Foto

o Kalender

o Poster

o Jadwal Pertandingan

o Majalah dan tabloid olahraga

o Aksesoris handphone

o Aksesoris untuk wanita seperti jepit-jepit dll

o VCD & DVD pertandingan, biografi pemain atau altet

o Buku biografi atlet

o Alat tulis dan kantor bernuansakan olahrag

o Perlengkapan kamar bernuansakan olahraga

o Perlengkapan makan bernuansakan olahraga

o Makanan dan minuman nutrisi penambah stamina dan energi dll.

Adapun jumlah sumber daya manusia yang terlibat dalam proses pengelolaan managemen produksi berjumlah tujuh orang yang di dalamnya termasuk tiga orang pemilik perusahaan sendiri sebagai perancang ide produk, seorang penaggung jawab ahli jahit, seorang penaggung jawab ahli sablon dan dua orang tenaga tambahan multifungsi. Jumlah alat yang digunakan dalam proses produksi lumayan banyak diantaranya :

· Dua buah alat sablon yang menggunakan teknologi hotpress system. Yaitu alat sablon yang dalam pengerjaannya bisa ditunggu, tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan penyablonan.

· Komputer.

· Peralatan penunjang lainnya.

Dalam memperoleh bahan baku produk, biasanya ketiga pemilik berunding untuk mementukan pemasok mana yang layak untuk penyediaan bahan baku. Apabila persediaan masih dirasa cukup untuk melakukan proses produki, maka tidak perlu terlalu tergesa-gesa dalam membeli bahan baku. Dalam memproduksi barang, karena perusahaan ini melakukan kerja sama dengan pihak lain maka jika persediaan barang dianggap masih banyak, proses produksi pun agak dikurangi. Hal ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya penumpukan barang yang dapat mengakibatkan kerugian untuk perusahaan. Setelah produk sudah jadi, akan diadakan tes kualitas apakah produk itu layak di jual atau tidak. Karena perusahaan sangat mementingkan kualitas produk-produk yang dihasilkan oleh DALLAS FOOTBALL CORNER.

2. Managemen Keuangan

Pertangguang jawaban manageman keuanagan dipegang aleh Ina tetap kedua orang pemilik lain ikut mengawasi. Sehingga transparansi dan dan akunabilitasnya tetap terjaga. Dana yang masih tersisa disimpan di bank yang sebelumnya telah disepakati dan ditunjuk bersama yaitu BNI’46. Pengelolaan keuangan diatur setiap hari. Setiap hari sebelum perusahaan atau toko ditutup, semua pegawai harus melaporkan pendapatan per hari kerja dan langsung diberikan pada para penanggung jawab. Hal tersebut berlangsung secara continue sampai pada akhir bulan dihitung jumlah keseluruhannya. Kemudian jumlah pendapatan kotor dari semua barang yang telah dijual dikalkulasikan dengan berbagai pengeluaran seperti anggaran belanja barang kembali dan berbagai pengelularan lainnya hingga dicapai angka pendapatan bersih per bulan.

Untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada perusahaan, ketiga pemilik memutuskan untuk mengajukan kredit usaha pada bank BNI’46 agar modal yang mereka miliki dapat berjalan dengan semestinya dan apabila nanti ada kesulitan biaya, mereka telah mendapat kredit dari bank BNI’46 untuk melanjutkan kembali usahanya.

Perkiraan Laporan Keuangan

DALLLAS FOOTBALL CORNER

Neraca Keuangan

Neraca Modal Awal Perusahaan DALLAS FOOTBALL CORNER

Pemasukan Modal

Modal Awal Rp. 600.000.000

Pinjaman dari bank BNI’46 Rp. 100.000.000 +

Rp. 700.000.000

Biaya Operasional Awal

Pengadaan produk Rp. 170.000.000

Alat Sablon dan Jahit Rp. 100.000.000

Biaya produksi Rp. 50.000.000

Biaya gaji pegawai Rp. 50.000.000

Sewa tempat usaha untuk 2 tahun Rp. 40.000.000

Furniture Rp. 30.000.000

Pembelian4 unit computer @Rp.5.000.000 Rp. 20.000.000

Biaya situs wabsate Rp. 10.000.000

Biaya promosi Rp. 5.000.000

Biaya telepon, listrik dan air Rp 5.000.000 +

Rp. 480.000.000 +

Saldo Awal Rp. 220.000.000

Perkiraan Laba pertahun

Saldo Awal Rp. 220.000.000

Pendapatan penjualan Rp. 350.000.000 +

Jumlah Rp. 570.000.000

Beban operasional

Beban gaji Rp. 50.000.000

Beban produksi Rp. 50.000.000

Beban sewa Rp. 40.000.000

Beban bunga Rp 12.000.000

Beban pembuatan website Rp. 10.000.000

Beban promosi Rp. 5.000.000

Beban listrik, air dan telepon Rp. 5.000.000

Beban penyusutan peralatan Rp. 1.200.000

Beban Lain-lain Rp. 1.000.000

Jumlah Rp. 174.200.000 -

Laba Bersih Rp. 395.800.000

Laporan Perkiraan Perubahan Modal Pertahun

Modal Awal Rp. 600.000.000

Laba Bersih Rp. 395.800.000 +

Modal Akhir Rp. 995.800.000

LaporanPerkiraan Neraca Pertahun

Harta Lancar

· Kas Rp. 747.000.000

· Perlengkapan Toko Rp. 10.000.000

· Persediaan Barang Dagang Rp. 220.000.000 +

Rp. 977.000.000

Harta Tetap

· Komputer Rp. 20.000.000

· Akum. peny. Komputer Rp. 200.000 -

Rp. 19.800.000

· Peralatan Toko Rp.100.000.000

· Akum. peny. Peralatan Rp. 1.000.000 -

Rp. 99.000.000 +

Jumlah Harta Rp.1.095.800.000

Kewajiban

· Hutang Dagang Rp. 100.000.000

Modal Akhir Rp. 995.800.000 +

Jumlah Kewajiban dan Modal Rp.1.095.800.000

3. Manageman Pemasaran

Pelaksanaan pemasaran produk DALLAS FOOTBALL CORNER juga merupakan tangguang jawab bersama dua orang pemilik perusahaan lainnya. Pemilik mempunyai rencana taktis yang diyakini mampu menambah penjualan produk perusahaan. Untuk menambah volume penjualan, promosi gencar-gencaran dilakukan. Promosi yang dirasa akan efektif adalah menyebarkan pamfleth dan leafleth ke lingkungan setempat serta kampus-kampus yang berada di sekitar jalan Setiabudhi, pemajangan spanduk, serta mengiklankan di radio-radio ternama di Bandung. Selain itu produk yang dipasarkan memiliki keunggulan-keunggulan komparatif maupun keunggulan mutlak dibandingkan dengan perusahaan lain. Jadi, produk DALLAS FOOTBALL CORNER merupakan produk yang siftanya eksklusif karena hanya ada di DALLAS FOOTBALL CORNER dan kualitas yang tinggi tak harus dibayar dengan harga yang tinggi juga.

BAB VI

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan yang di dapat dari pembuatan usaha ini bahwa DALLAS FOOTBALL CORNER dapat menjadi salah satu jenis usaha yang bergerak dibidang penjualan perlengkapan dan merchandise sepak bola. DALLAS FOOTBALL CORNER didirikan oleh tiga orang yang sekaligus menjadi pemimpin perusahaan. Adapun tujuan yang hendak dicapai oleh para pendirinya selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka juga ingin memenuhi kebutuhan para pencinta sepak bola. Selain itu di DALLAS FOOTBALL CORNER para konsumen dan pelanggan tidak hanya mendapatkan barang-barang dan alat sepak bola biasa, tetapi mereka akan mendapatkan kemudahan dalam membeli barang yang jauh lebih baik dari perusahaan pesaing yang sejenis sesuai dengan slogan dari perusahaan yaitu “Calm down, Take it Easy..”.

Rekomendasi

Kami selaku pemilik berharap bahwa DALLAS FOOTBALL CORNER dapat menjadi salah satu unit usaha yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari para konsumen maupun pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Diharapkan juga bahwa para pegawai serta semua elemen yang ada di DALLAS FOOTBALL CORNER dapat menjaga nama baik DALLAS FOOTBALL CORNER itu sendiri dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap konsumen juga pelanggan yang datang ke DALLAS FOOTBALL CORNER, serta menjaga lingkungan sekitar DALLAS FOOTBALL CORNER.

Kemudian apabila dimasa yang akan datang DALLAS FOOTBALL CORNER mengalami kemajuan yang pesat maka hal yang harus diperhatikan dan juga dapat dipertahankan adalah komunikasi dan koordinasi antar pemilik dan pegawai yang bersifat kekeluargaan dengan batasan yang professional. Dan juga pelayanan yang baik dan tidak mengecewakan konsumen juga pelanggan. DALLAS FOOTBALL CORNER juga diharapkan jangan merasa puas dan maenjadi arogan dengan segala kemajuan yang telah didapatkan, tetapi sebaliknya kemajuan itu bisa dijadikan motivasi untuk mencapai prestasi yang lebih baik lagi.

DENAH Dallas Football Corner

Keterangan :

1 = Tempat produksi dan persediaan barang 6 = Kamar pas 12 = Pintu

2 = Alat-alat sepak bola 7 = Rak Pernak-pernik dan barang 11 = Mushola

3 = Pernak-pernik 8 = Ruangan manager

4 = Tempat baju-baju dan celana 9 = Ruang serbaguna

5 = Toilet 10 = Kasir


from:safrudin

Tidak ada komentar: