Kamis, 28 Februari 2008

SATUAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Fisika dan pengukuran

Kelas/Semester : 1/1

Waktu : 1X120

Sasaran : Seluruh siswa

Standar Kompetensi : Pengukuran

Kompetensi Dasar : Mengungkapkan dalam bentuk lisan pengertian dari fisika dan pengukuran.

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu melakukan pengukuran dan pengolahan data serta menerapkan aturan angka dalam pengukuran secara benar.

B. Indikator : a).Siswa dapat memilih dan menerangkai instrumen secara benar, khususnya peralatan ukur

b).Siswa dapat menentukan langkah-langkah pengukuran dengan benar

c).siswa dapat membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur secara tepat

d).Siswa dapat menuliskan hasil pengukuran sesuai aturan penulisan angka penting disertai keatidak pastiannya.

e).siswa dapat menjelaskan pengertian angka penting dan menerapkannya dalam penulisan hasil percobaan

f). siswa dapat menjelaskan satuan besaran pokok

g). siswa dapat menentukan dimensi suatu besaran

h).siswa dapat menerapkan analisis dimensional dalam memecahkan soal

C. Proses Pembelajaran

  1. Metode

Metode yang akan digunakan untuk menyampaikan materi ialah dengan metode:

a. ceramah

b. tanya jawab.

c. Penugasan refleksi

d. Penugasan konstruksivisme

  1. TAHAPAN

Kegiatan Pembimbing

Kegiatan Siswa

a. Pembukaan

· Pembimbing memberikan salam kepada siswa.

· Pembimbing melakukan absensi dan menyebutkan nama siswa satu per satu.

b. Kegiatan Inti

· Pembimbing menyampaikan materi mengenai pengertian fisika dan seputar tentang pengukuran

· Pembimbing memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya sekitar materi yang telah disampaikan

· Pembimbing menjawab pertanyaan dari siswa dan meminta siswa untuk mengulangi jawaban yang telah disampaikan.

c. Penutup

· Pembimbing memberikan pertanyaan refleksi kepada siswa sebagai berikut:

1) Mengukur panjang dapat menggunakan alat apa saja?

2) Bagaimana cara mengukur masa jenis suatu benda?

· Pembimbing memerintahkan salah satu dari siswa untuk menunjukkan alat-alat yang disebutkan pembimbing

· Pembimbing menyimpulkan secara keseluruhan dari materi dan tanya jawab yang dilakukan dengan siswa.

· Pembimbing melakukan penutupan pertemuan dan mengucapkan salam.

a. Pembukaan

· Siswa membalas salam yang telah diberikan pembimbing.

· Siswa mengangkat tangannya sebagai tanda siswa yang dipanggil hadir di kelas.

b. Kegiatan Inti

· Siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh pembimbing dan siswa mencatat apa yang sedang dijelaskan.

· Beberapa siswa mengangkat tangannya dan bertanya mengenai materi yang telah di jelaskan.

· Siswa memperhatikan apa yang telah disampaikan oleh pembimbing dan beberapa orang siswa melaksanakan apa yang diperintahkan guru.

c. Penutup

· Siswa secara bergiliran menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pembimbing.

· Salah satu siswa maju dengan memperlihatkan alat yang disebutkan pembimbing ke teman-teman.

· Siswa memperhatikan apa yang disimpulkan oleh pembimbing dan sebagian siswa mencatat apa yang disampaikan oleh pembimbing.

· Siswa menjawab salam yang diberikan oleh pembimbing.

D. FASILITAS : Pembimbing menggunakan OHP/Infokus dan membuat alat mendia sendiri

E. SUMBER : a. Buku panduan

b. Karya tulis

c. Contoh penyuntingan

F. EVALUASI

1. Proses : Selama proses kegiatan berlangsung dilakukan evaluasi, yaitu jika siswa memperlihatkan antusiasme yang tinggi, siswa banyak yang terlibat dalam kegiatan tanya jawab, dan siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh pembimbing maka kegiatan yang dilakukan dapat dikatakan berhasil.

2. Hasil : Siswa memperlihatkan perubahan tingkat pemahaman tentang pengukuran

G. TINDAK LANJUT : Jika dalam evaluasi siswa tidak menampakkan hasil yang diharapkan, maka dilakukan tindak lanjut yaitu guru melakukan bimbingan individu dalam suasana kelompok untuk memberikan bantuan kepada individu yang kesulitan. Namun, jika dalam evaluasi siswa menampakkan hasil yang diharapkan, maka dilakukan tindak lanjut yaitu guru memberikan materi lanjutan lewat bimbingan kelompok dengan tujuan pengembangan diri siswa.

H. Materi

A. Satuan dan Pengukuran

1. Mengukur panjang

a. Mistar

Untuk mengukur pangjang benda biasanya digunakan mistar atau penggaris

b. Jangka sorong

Untuk mengukur dengan ketelitian 0,1 mm digunakan alat jangka sorong

c. Micrometer sekrup

Untuk mengukur benda yang sangat kecil sampai ketelitian 0,01 mm atau 0,001 mm digunakan alat mikrometersekrup. Bagian utama mikrometer skrup adalah sebuah poros berulir yang dipasang pada slinder pemutar yang disebut bidal.

2. Mengukur masa

Masa diukur dengan menggunakan neraca.

3. Mengukur waktu

Waktu dapat diukur dengan jam atau arloji serta stopwatch.

4. Mengukur kuat arus

Untuk mengukur kuat arus digunakan amperemeter.

Tidak ada komentar: